SA'DIYAH, HALIMATUS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO' DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI 4- 5 TAHUN DI RA IBROHIMIYYAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HALIMATUS SA'DIYAH 19156018.pdf
Download (1MB)
Abstract
HALIMATUS SA’DIYAH. NPM 19156018. “Peningkatan Kemampuan
Membaca Iqr’ dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyyah untuk Anak
Usia Dini 4-5 Tahun di RA Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak Tahun
Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kenyataan di
lapangan banyak anak yang lebih menghafal huruf hijaiyyah dibandingkan
mengenal hurufnya. Selain itu masih kurangnya penggunaan media pembelajaran
atau alternatif lain, sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efektif.
Peneliti menemukan permasalahan dilapangan pada anak usia 4-5 Tahun di RA
Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak terhadap perkembangan membaca
iqro’ anak sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dengan 18 dari 20 anak belum
menemukan cara yang tepat untuk menuangkan rangkaian ide-ide kreatifnya dan
cenderung pasif. Peneliti menggunaan metode belajar dengan menggunakan
media kartu huruf hijaiyyah supaya anak lebih bervariaif dan menarik minat
belajar anak didik menjadi aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
kemampuan membaca iqro’ anak anak didik dengan media kartu huruf hijaiyyah
di RA Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 5 April sampai 20 April 2022. Subyek
penelitian adalah anak kelompok RA A2 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari
7 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca iqro’ belajar
anak didik dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf hijaiyyah. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan
membaca iqro’ yang sesuai dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I
maupun siklus II. Padaawal tindakan terdapat 2 anak atau 10% yang mempunyai
kemampuan membaca iqro’ dengan penilaian baik. Sedangkan akhir
tindakan 17 anak atau 85% yang dapat membaca yang sesuai dengan kriteria
baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa kemampuan membaca iqro’ anak didik kelompok A2 di RA Ibrohimiyyah
Brumbung Mranggen Demak Tahun Ajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan melalui
media kartu huruf hijaiyyah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:33 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3597 |