DWIYANTI, DIAN WALIDA (2022) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK USIA DINI DENGAN BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DAN ULAR NAGA PANJANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI POS PAUD SIDO MAKMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAN WALIDA DWIYANTI 19156124.pdf
Download (1MB)
Abstract
DIAN WALDA DWIYANTI, NPM 19156124. “Upaya Meningkatkan
Kerjasama Anak Usia Dini Dengan Bermain Permainan Tradisional Lompat Tali
dan Ular Naga Panjang Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di POS PAUD Sido Makmur
Desa Cranggang Dawe Kudus”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kerjasama
anak. Hal Tersebut disebabkan media pembelajaran yang digunakan sama setiap
harinya serta pembelajaran yang berpusat pada guru.
Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian adalah untuk kerjasama
anak dengan bermain permainan tradisional. Jenis penelitian ini adalah PTK
(Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian di lakukan dengan melakukan observasi di
setiap kegiatan dengan 2 siklus,Populasi penelitian adalah seluruh anak di
kelompok APEL di POS PAUD Sido makmur kecamatan Dawe Kabupaten Kudus
Tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil yaitu 10 anak. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Kemampuan kerjasama anak dengan
bermain permainan tradisional dari pra siklus sampai siklus ke dua mengalami
peningkatan yang signifikan.pada pra siklus yang termasuk katagori berkembang
sangat baik (BSB) sebanyak 0 anak atau 0 %, berkembang sesuai harapan (BSB)
sebanyak 1 anak atau 10 %,mulai berkembang (MB) sebanyak 3 anak atau
30%,dan belum berkembang (BB) sebanyak 6 anak atau 60 %.
Kemampuan meningkatkan kerjasama anak usia dini dengan bermain
permainan tradisional dari siklus 1 sampai siklus II juga mengalami peningkatan
yang signifikan,pada siklus I yang termasuk katagori berkembang sangat baik 1
anak atau 10% berkembang sesuai harapan 3 anak atau 30 %,mulai berkembang 1
anak atau 10% dan belum berkembang 5 anak atau 50 %.
Pada siklus ke II yang termasuk katagori berkembang sangat baik (BSB)
sebanyak 9 anak atau 90 %, Berkembang sesuai harapan sebanyak 1 anak atau
10%. mulai berkembang 0 anak atau 0%. Dan belum berkembang sebanyak 0
anak atau 0%.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan bermain dengan
permainan tradisional lompat tali dan ular naga panjang mampu meningkatkan
kerjasama anak. Dan saran yang dapat disampaikan adalah supaya bermain
dengan permainan tradisional dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru
dalam bermain dan belajar untuk meningkatkan kerjasama anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:26 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3586 |