Hapiana, Nahar (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI 1 PURBALINGGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nahar Hapiana 16110122.pdf
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang peeelitian ini berpijak pada kenyataan, ada sebagian siswa
yang tidak mampu membuat perencanaan karir secara tepat dan sesuai dengan
tahap perkembangan karirnya. Perencanaan pada remaja disini dimaksudkan
sebagai salah satu segi dari perkembangan karir remaja, sehingga termasuk juga di
dalamnya pemilihan jenis pendidikan lanjutan yang diminati. Selain itu masih
banyak lulusan siswa SMK yang belum mampu memilih karir, belum mampu
mengembangkan diri dalam lingkup keahliannya. Lulusan SMK masih kesulitan
untuk mendapatkan pekerjaan yang relevan dan membuka usaha sendiri, hal ini
terjadi karena keterampilan yang dimiliki belum sesuai dengan apa yang
dibutuhkan oleh perusahaan, pihak industri maupun untuk melakukan usaha
sendiri.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah 140 siswa yang diambil secara proportional
random sampling dari populasi sejumlah 225. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik F test.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh efikasi diri terhadap
perencanaan karir siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan
Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga Tahun Pelajaran 2021/2022. Dibuktikan
dengan perhitungan menggunakan teknik F test diperoleh nilai F hitung sebesar
123,165 dan nilai signifikansi (ρ) sebesar 0,000, kemudian diperbandingkan
dengan nilai F tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan db 1/138 adalah 3,91.
Dengan demikian Hipotesis Kerja diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara efikasi diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI Sekolah
Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga Tahun
Pelajaran 2021/2022 Perencanaan karir harus dilakukan sejak masih berada
dibangku sekolah, peserta didik harus tau dan meningkatkan kemampuan, minat
serta bakat yang dimiliki dengan cara selalu meningkatkan prestasi baik dalam
sekolah maupun luar sekolah, mengasah ketrampilan diluar bidang akademik
seperti mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Kemudian peserta didik lebih aktif
dalam mencari informasi dunia kerja dengan cara bertanya kepada pihak Bursa
Kursus Kerja, mencari informasi secara online, dan memperbanyak teman
sehingga informasi yang diperoleh lebih banyak. Peranan guru terutama guru BK
juga penting dalam mengarahkan perencanaan karir setiap peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:28 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3585 |