UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SULISTIOWATI, SULISTIOWATI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SULISTIYOWATI 20156024.pdf] Text
SULISTIYOWATI 20156024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SULISTIYOWATI. NPM 20156024. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Anak Melalui Media Gambar Seri Di Kelompok B TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2021/2022.”
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh
Munawar,S.Pi.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
berbicara anak. Hal tersebut disebabkan kurangnya media yang menarik dalam
meningkatkan kemampuan berbicara anak. Masalah dalam penelitian ini bagaimana
upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri di
kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Demak Tahun Pelajaran
2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri pada anak kelompok B TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Demak.Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kurt Lewin. Subjek penelitian
berjumlah 21 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 12 anak perempuan.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi. Peningkatan kemampuan berbicara anak dikatakan berhasil apabila
persentase kemampuan berbicara anak mencapai 75%. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Demak. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak dari pra
tindakan sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 49%, dan pada siklus II
meningkat sebesar 78%. Kesimpulannya bahwa media gambar seri dapat
meningkatkan kemampuan berbicara anak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran
yang dapat disampaikan adalah guru diharapkan dapat mengunakan media lebih
beragam dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:15
Last Modified: 22 Mar 2024 06:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item
View Item