ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASSESMEN NASIONAL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN

Putri, Riska Ayu Nurhalisa (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASSESMEN NASIONAL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Riska Ayu Nurhalisa Putri 19320070.pdf] Text
Riska Ayu Nurhalisa Putri 19320070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi
atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional
menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan
mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu
sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang
kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di satuan pendidikan. Semua ini
tentu perlu adanya persiapan dari tenaga pendidik itu sendiri yang dapat
membantu berjalan dengan baik tidaknya program Asesmen Nasional yang akan
diterapkan di setiap satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pentingnya kesiapan guru, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
implementasi Asesmen Nasional pembelajaran biologi pada Kurikulum Merdeka.
Subjek peneltian ini seluruh guru biologi yang ada di SMA Negeri Se-Kabupaten
Grobogan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
Purposive sampling. Dalam penelitian ini di gunakan instrumen lembar kuesioner,
lembar wawancara, dan lembar checklist. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa
guru telah siap dalam mengimplementasikan pembelajaran Biologi pada
Kurikulum Merdeka berdasarkan terpenuhinya presentase tertinggi pada aspek
implementasi Asesmen Nasional kurikulum merdeka 95%, aspek implementasi
Asesmen Nasional pembelajaran Biologi 89%, aspek sarana dan prasarana 91%
serta aspek teknis pelaksanaan implementasi Asesmen Nasional 93%. Faktor
pendukung telah mengikuti sosialisasi dan pelatihan bagi guru dan peserta didik.
Faktor penghambat yang di alami oleh guru kurangnya manajemen waktu yang
dibutuhkan dalam pembuatan butir soal serta minimnya minat baca (literasi)
peserta didik.
Kata Kunci : Asesmen Nasional, higher order thinking skills, kesiapan guru,
pengetahuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:11
Last Modified: 05 Jan 2024 03:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item