SARJONO, SHAFIRA FIRDAUS (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MATARAM SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SHAFIRA FIRDAUS SARJONO 18120313.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Shafira Firdaus Sarjono. NPM 18120313. “Analisis Pelaksanaan
Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD
Mataram Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I,
Muhammad Arief Budiman, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing II, Husni
Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. Mei 2022.
Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan aktivitas belajar
bahasa Inggris dari pembelajaran luring menjadi belajar dari rumah (BDR) secara
daring dan kembali lagi menuju pembelajaran luring dengan mekanisme yang
berbeda dan pembelajaran bahasa Inggris yang difokuskan untuk memulihkan
learning loss dan literacy loss siswa selama BDR secara daring. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris secara
luring pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Mataram Semarang tahun
pelajaran genap 2021/2022 yang meliputi mekanisme, pendekatan, model, metode
dan media pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru bahasa Inggris, siswa kelas III dan IV,
serta orang tua siswa kelas III dan IV SD Mataram Semarang. Validitas data
dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi untuk mengetahui keabsahan
data yang diperoleh. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengambilan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa
Inggris secara luring difokuskan untuk pemulihan learning loss dan literacy loss
siswa melalui kegiatan reading, speaking, listening dan writing. Mekanisme
pembelajaran bahasa Inggris secara luring pada masa pandemi Covid-19
terlaksana sesuai daftar periksa SKB 4 Menteri, kebijakan pemerintah daerah dan
SOP pembelajaran luring masa pandemi Covid-19. Pendekatan pembelajaran yang
digunakan adalah pendekatan saintifik, model pembelajaran yang digunakan
adalah model berbasis masalah dengan metode diskusi, tanya jawab, ceramah,
bermain peran, tugas dan media pembelajaran yang digunakan adalah media
realita di lingkungan ruang kelas, handbook dan kamus bahasa Inggris.
Saran dari peneliti untuk sekolah diharapkan memberikan fasilitas dengan
maksimal agar pembelajaran bahasa Inggris secara luring di masa pandemi Covid-
19 lebih optimal. Guru sebagai pendidik diharapkan lebih kreatif dan inovatif
dalam mendesain pembelajaran bahasa Inggris baik dalam penggunaan
pendekatan, media, model maupun metode pembelajaran guna memaksimalkan
penguasaan vocabulary siswa dalam kemampuan reading, speaking, listening,
and writing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3553 |