PUSPITANINGSIH, DIAH (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI KALICARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAH PUSPITANINGSIH 15120060.pdf
Download (8MB)
Abstract
DIAH PUSPITANINGSIH. NPM 15120060. “Keefektifan Model Pembelajaran
Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri
Kalicari 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1
adalah Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing II Prof. Dr. A.Y
Soegeng Ysh., M.Pd. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika materi perkalian. Hal tersebut terjadi karena
pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi sehingga
pembelajaran kurang menarik bagi siswa, adanya hal tersebut model pembelajaran
explicit intruction dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjadikan
pembelajaran menjadi menyenangkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
explicit instruction efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD
Negeri Kalicari 01 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
model pembelajaran explicit instruction efektif terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas II SD Negeri Kalicari 01Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
menggunakan bentuk desain penelitian true experimental design bentuk posttest-
only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa
kelas II SD Negeri Kalicari 01 Semarang tahun pelajaran 2020/2021 dengan
jumlah 60 siswa. Sampel yang akan digunakan adalah 60 siswa terdiri dari kelas
IIA 30 siswa dan kelas IIB 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil
thitung = 2,3279 pada taraf signifikan α 5% dan dk = 60 maka diperoleh ttabel = 2,001
jadi thitung > ttabel. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar nilai posttest kelas
eksperimen yaitu 81,66 sedangkan posttest kelas kontrol yaitu 72,66. Ketuntasan
belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 86,66% dengan jumlah siswa yang tuntas
sebanyak 26 siswa terdiri dari 30 siswa. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran explicit instruction efektif terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas II SD Negeri Kalicari 01 Semarang karena hasil belajar yang diperoleh
siswa sudah mencapai KKM sekolah yaitu 65.
Kata kunci
: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar
Matematika Materi Perkalian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:03 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3551 |