CAHYANI, DIAH AYU NUR (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS XI MAN 2 REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAH AYU NUR CAHYANI 18110004.pdf
Download (2MB)
Abstract
Diah Ayu Nur Cahyani. NPM 18110004. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Brainstorming Terhadap Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2
Rembang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Semarang
2022. Dra. Tri Suyati M.Pd;Ismah, S. Ag, M.Pd. September. 2022
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami masalah hambatan dalam membuka
dirinya untuk mengungkapkan suatu masalah yang sedang dihadapi, dalam mengikuti
kegiatan belajar mengajar yang cenderung pasif, jika ada suatu pertanyaan yang sekiranya
kurang benar siswa tidak berani untuk menanggapinya, serta ada beberapa siswa yang tidak
mau bergaul karena menganggap bahwa dirinya lebih mampu daripada orang lain dan
mengabaikan pendapat orang lain. Salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk
meningkatkan keterbukaan diri siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
brainstorming.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI MAN 2 Rembang dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil dengan
teknik cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 35 siswa dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 17 siswa kelompok
kontrol dan 18 siswa kelompok eksperimen yang dibagi menjadi dua kelompok kecil
eksperimen 1 berjumlah 9 siswa dan eksperimen 2 berjumlah 9 siswa.
Dari hasil thitung sebesar 6.54 dan ttabel diperoleh dari db = n-2 sebesar 2.042 pada taraf
signifikan 5%. Berarti thitung (6.54) > ttabel (2.042), maka hipotesis alternatif (Ha) yang
berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming
Terhadap Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang”.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design. Data
penelitian menunjukan bahwa dari selisih rata-rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan
Diri siswa pada kelompok eksperimen sebesar 19.3 dan pada kelompok kontrol selisih rata-
rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan Diri sebesar 3.5. Hal ini menunjukan adanya
perbedaan rata – rata Keterbukaan Diri antara kelompok eksperimen yang diberi layanan
bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming dan kelompok kontrol yang tidak diberi
layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming yaitu sebesar 15.8.
Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru pembimbing adalah, hendaknya
memberikan materi layanan sesuai dengan kebutuhan siswa, dan juga hendaknya guru
pembimbing kreatif dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
brainstorming sehingga siswa sendiri juga tidak merasa bosan.
Kata Kunci : Lay
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 05:55 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 05:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3541 |