ZUHROTUL MUNA, ZUHROTUL (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD N BATU 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ZUHROTUL MUNA 18120080.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ZUHROTUL MUNA. NPM 18120080. “Implementasi Model Pembelajaran
Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N Batu 1 Tahun
Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.2022.
Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. A. Y.
Soegeng Ysh., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya kesan bahwa
masih ada 23,3% peserta didik yang beranggapan pelajaran IPA itu sulit. Oleh
sebab itu minat peserta didik terhadap belajar IPA rendah, hal itu ditunjukkan
pada peserta didik yang masih banyak kurang aktif ketika pembelajaran seperti
mengungkapkan pendapat atau ide, bertanya, bahkan peserta didik terkesan
menghafal materi bukan memahami materi maupun konsepnya. Selain itu guru
cenderung mendominasi pembelajaran sehingga terlihat monoton dan kurang
membangkitkan motivasi untuk semangat belajar. Fokus penelitian ini adalah (1)
Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model berbasis
masalah pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 tahun pelajaran
2022/2023, (2) Bagaimanakah implementasi model berbasis masalah pada
pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 tahun pelajaran 2022/2023, (3)
Bagaimanakah respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan model
berbasis masalah pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 tahun pelajaran
2022/2023.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk
mendeskripsikan rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan
model berbasis masalah pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 tahun
pelajaran 2022/2023, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi model berbasis
masalah pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 tahun pelajaran
2022/2023, (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik selama mengikuti
pembelajaran dengan model berbasis masalah pada pembelajaran IPA di kelas V
SD N Batu 1 tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
penelitian deskritif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan tahapan yaitu data reduction, data display dan data conclusion.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RPP yang disusun guru kelas V
telah lengkap berdasarkan prinsip-prinsip penyusunannya dengan hasil hampir
seluruh komponen yang ada terpenuhi. Implementasi model berbasis masalah
pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Batu 1 berjalan dengan baik dan telah
sesuai dengan teori dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan
dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. Peserta didik mempunyai antusias yang tinggi dan semangat selama
mengikuti pembelajaran dengan model berbasis masalah.
Saran yang disampaikan yaitu guru dapat mengombinasikan beberapa
model pembelajaran agar kualitas proses belajar mengajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 05:56 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 05:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3540 |