DIANA, WINDA NOER (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WINDA NOER DIANA 18120164.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Winda Noer Diana. NPM 18120164. “Analisis Kemampuan Penalaran
Matematis dan Kesulitan Belajar Materi Bangun Ruang Kelas V SD N 3 Kalirejo,
Kendal”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sukamto, S.Pd. M.Pd. Dosen
Pembimbing II Intan Rahmawati, S.Pd. M.Pd
Kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang didasari ketidakmampuan siswa
dalam melakukan penalaran matematis Kesulitan tersebut dapat dilihat dari
rendahnya nilai siswa kelas V pada materi bangun ruang khususnya kubus dan
balok kurang memuaskan karena lebih dari 50% hasil belajar siswa mendapatkan
nilai di bawah rata-rata dibanding materi pecahan. Sementara itu bangun ruang
yang diajarkan di SD N 3 Kalirejo tidak hanya kubus dan balok melainkan juga
prisma segitiga, limas segiempat, dan limas segitiga. Penelitian ini bertujuan
untuk Menganalisis Kemampaun Penalaran Matematis dan Kesulitan Belajar
Siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang Kelas V di SD N 3
Kalirejo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif. Proses pengumpulan Data yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah data hasil observasi, wawancara mendalam, hasil tes dan
dokumen yang diolah menjadi kata-kata
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis, dapat
disimpulkan bahwa secara garis besar kemampuan penalaran matematis dari 20
subjek adalah 10 siswa telah memiliki penalaran matematis yang baik dan 10
siswa lainnya memiliki penalaran matematis yang cukup. Kesulitan siswa kelas V
dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar adalah:
Tingkat kesulitan tertinggi siswa terletak pada menyelesaikan soal mengenai
volume kubus dengan kubus satuan dan mengidentifikasi balok dalam keaadaan
berdiri, Siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal, kesulitan dalam
menentukan cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal volume kubus dan
balok, kesulitan dalam mengoperasikan rumus tentang volume balok dan volume
kubus serta kesulitan dalam membuat kesimpulan, Siswa kurang teliti dalam
menyelesaikan soal dalam menentukan unsurunsur balok. Siswa mengalami
kesulitan dalam menentukan titik sudut pada balok, dan menghitung volume pada
balok.
Keyword: Kesulitan belajar, kemampuan penalaran matematis, Bangun Ruang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:21 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3534 |