HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU MENCONTEK SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 1 WELERI

MAHYA, MUZAKI (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU MENCONTEK SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 1 WELERI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

MUZAKI MAHYA. NPM 17110015. “Hubungan Kepercayaan Diri Dengan
Perilaku Menyontek Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Weleri”. Skripsi Program
Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I: Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Dr.
Ismah, M.Pd
Penelitian hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek peserta
didik ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya peserta didik yang melakukan
menyontek secara sosial, perilaku menyontek yang ditunjukan dilakukan dengan
cara meminta jawaban teman saat ulangan/ujian dengan cara menyalin,
memberikan kode untuk meminta ataupun memberi jawaban. Selain itu
menyontek juga dilakukan dengan cara mengirim jawaban lewat handphone.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex post
facto dengan pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas 7 di SMP Negeri 1 Weleri. yang digunakan sebagai
try out yaitu kelas VII B. Sedangkan kelas VII A, VII C, VII D, VII E, VII F, VII
G, VII H sebagai sampel penelitian. Sampling yang digunakan adalah Teknik
sempel Jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui skala kepercayaan diri peserta
didik dan skala perilaku menyontek peserta didik.
Hasil analisis korelasi antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek peserta
didik ialah hubungan kepercayaan diri dengan perilaku menyontek peserta didik
sebesar -0,280 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang negatif antara
kepercayaan diri dengan perilaku menyontek, serta tingkat hubungan diantara
variabel tersebut berada dalam kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengurangi
perilaku menyontek peserta didik dan guru BK memberikan t

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:20
Last Modified: 22 Mar 2024 04:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item
View Item