ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS 5 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUBTEMA 1 SD NEGERI KALIKALONG 01 PATI

ROSIDAH, UMMI (2022) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS 5 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUBTEMA 1 SD NEGERI KALIKALONG 01 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of UMMI ROSIDAH 18120292.pdf] Text
UMMI ROSIDAH 18120292.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ummi Rosidah. NPM 18120292. “Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas
V pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 SD Negeri Kalikalong 01
Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa belum
menyadari gaya belajar mereka sendiri sehingga dalam proses belajar kurang
maksimal. Selain itu, guru saat mengajar di dalam kelas belum mengetahui
pendekatan seperti apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan gaya belajar
siswa yang berbeda-beda. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu
diadakan penelitian.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana caranya agar siswa
menyadari gaya belajarnya sehingga mempermudah mereka dalam mengolah
informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar masing-
masing siswa kelas V pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 SD Negeri
Kalikalong 01 Pati.
Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian
ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kalikalong 01 Pati yang berjumlah jumah 21
siswa terdiri dari 15 siswa berjenis kelamin perempuan dan 6 siswa berjenis
kelamin laki-laki.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui angket,
wawancara, dan observasi diperoleh bahwa gaya belajar siswa kelas V didominasi
oleh pembelajar jenis visual sebanyak 10 siswa dengan persentase 48 %,
pembelajar jenis auditori sebanyak 8 siswa dengan persentase 38 %, sisanya
pembelajar jenis kinestetik yang terdiri dari 4 siswa dengan persentase 14 %.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan setelah
mengetahui masing-masing jenis gaya belajar siswa kelas V yaitu siswa
diharapkan mampu mengolah materi yang diajarkan guru dengan cepat dan efisien
dalam menggunakan waktu belajar. Selain itu, guru juga diharapkan
menggunakan pendekatan belajar di kelas sesuai dengan jenis gaya belajar
masing-masing siswa.
Kata kunci: gaya belajar, pembelajaran tematik, kualitatif deskriptif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:18
Last Modified: 22 Mar 2024 04:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item
View Item