VEDRIATI, TANTRI (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV SDN KANGKUNG 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TANTRI VEDRIATI 18120033.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tantri Vedriati. NPM 18120033. “Keefektifan Model Problem based learning
Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IV SDN
Kangkung 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sunan
Baedowi, S.H.I., M.S.I. Dosen Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd.,M.Pd. 2022.
Berdasarkan wawancara dan observasi siswa kelas IV selama ini dalam
proses pembelajaran, siswa belum bisa dalam membuat cerita dengan baik dan
benar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi keterampilan menulis.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV dalam pembelajaran guru
kurang dalam menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa.
Permasalahan pada penelitian ini adalah peneliti merumuskan masalah
sebagai berikut: Apakah model problem based learning efektif untuk
meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN Kangkung
01?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kangkung 01 Demak. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 yang merupakan siswa kelas
IV yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 67 dan
rata-rata posttest yaitu 80. Pada saat pretest hanya ada 18 siswa yang tuntas dan
13 siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 58,06%. Setelah
dilakukan posttest terdapat 26 siswa yang tuntas dan 1 siswa belum tuntas dengan
ketuntasan klasikal 96,77%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t
bahwa thitung > ttabel yaitu 4,497 > 2,042 maka Ha diterima sehingga terdapat
perbedaan kemampuan menulis cerita pendek siswa antara sebelum dan sesudah
model problem based learning diterapkan pada siswa kelas IV SDN Kangkung 01
Demak pada materi menulis cerita pendek.
Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah
model Problem based learning dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran
bagi guru dalam mengajar materi menulis cerita pendek maupun materi lainnya
sehingga pemahaman siswa terhadap materi membaik dan keterampilan menulis
cerita pendek
Kata kunci : Model problem based learning, menulis, cerita pendek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:15 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3526 |