SUCIATI, DEWI (2022) ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISIWA KELAS IV SDN BUGANGAN 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI SUCIATI 17120268.pdf
Download (2MB)
Abstract
DEWI SUCIATI. NPM 17120268. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring
dan Pengarunya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Bugangan 01
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah disebabkan adanya
pandemi Covid-19 dan terjadinya perubahan kebijakan bidang pendidikan
sehingga diterapkannya pembelajaran daring di SDN Bugangan 01 Semarang.
dalam pembelajaran daring tersebut terdapat berbagai kendala dan munculnya
problematika pembelajaran daring salah satunya berpengaruh pada motivasi
belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja problematika
pembelajaran daring siswa kelas IV SDN Bugangan 01 Semarang?, 2) Bagaimana
pengaruh problematika pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas
IV SDN Bugangan 01 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini 1) Menganalisis problematika pembelajaran daring siswa kelas IV SDN
Bugangan 01 Semarang. 2) Menganalisis pengaruh problematika pembelajaran
daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Bugangan 01 Semarang.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di
SDN Bugangan 01 Semarang, dengan Subjek penelitian siswa dan 1 guru kelas IV
SDN Bugangan 01 Semarang serta orang tua siswa. Sumber data dalam penelitian
ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa problematika pembelajaran daring guru mengalami
kendala yaitu jaringan, handphone, kuota selain itu guru sulit mendapatkan umpan
balik dari siswa, adanya perubahan sikap pada siswa mengalami kejenuhan belajar
dan menimbulkan efek malas pada diri siswa, kurangnya pemnahaman terhadap
materi. Pengaruh problematika pembelajaran daring terhadap motivasi belajar
mengalami penurunan saat pembelajaran daring karena anak lebih terpantau saat
pembelajaran di sekolah penyebab rendahnya motivasi belajar siswa saat
pembelajaran daring kurang semangat karena lebih suka bermain game dan
nonton tv. Hasil analisis angket menunjukkan persentase 22% siswa menyukai
pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat
disampaikan siswa perlu diberikan dorongan dan dukungan. Ketegasan orang tua
dalam pendampingan belajar daring sangat diperlukan sehingga dalam prosesnya
siswa mampu menggunakan teknologi dengan baik dan memanfaatkannya untuk
pembelajaran daring secara bijak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:13 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3523 |