Jami’atun, Nafi’ah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
nafi'ah 14317001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Di zaman sekarang yang serba modern dengan kemajuan teknologi yang
berkembang sangat pesat, namum belum banyak yang manfaatkan
kecanggihan teknologi terutama dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu
peneliti melakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan bahan ajar
matematika berbasis android terhadap kemampuan komunikasi siswa SMP.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan
untuk menghasilkan bahan ajar berbasis android, disini peneliti
menggunakan media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun
ruang sisi datar yang layak digunakan dan untuk mengetahui kemampuan
komunikasi siswa dengan hasil belajar yang baik. Diharapkan dengan media
ini lebih menarik sehingga siswa lebih berani untuk berkomunikasi dengan
teman atau guru. Metode yang peneliti gunakan yaitu metode ADDIE. Yang
terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation
dan Evaluation. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji
homogenitas, uji t, dan uji ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa (1) hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli desain
pembelajaran masing-masing memiliki kriteria sangat baik. (2) hasil uji
kepraktisan berdasarkan respon siswa diperoleh dengan kriteria sangat baik.
(3) data dari lapangan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
komunikasi siswa ditandai dengan adanya hasil belajar siswa yang
memperoleh media pembelajaran berbasis android menggunakan
Augmented Reality lebih baik dibandingkan dengan siswa yang
menggunakan pembelajaran de
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3512 |