MULYANI, GALIH TRI (2022) ANALISIS HASIL KARYA BATIK JUMPUT SISWA KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
GALIH TRI MULYANI. NPM 18120131. “Analisis Hasil Karya Batik Jumput
Siswa Kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang”. Skripsi. Progam Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen pembimbing I Bapak Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd,
Pembimbing II Ibu Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.
Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah Pengenalan budaya batik di
Indonesia terhadap anak masih kurang mendapat perhatian. Bila hal ini terus
terjadi maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang melupakan budaya
bangsanya. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk dapat menarik siswa dalam
mengenal budaya batik. Salah satunya yaitu mengenalkan batik jumput pada
siswa kelas 5 SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Fokus Penelitain dalam
penelitian ini adalah “Bagaimana hasil karya batik jumput siswa kelas V SD
Negeri Gayamsari 02 Semarang?”, yang bertujuan untuk mengetahui hasil karya
batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena riset yang
bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan
induktif. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan Data peneliti mengecek ulang
informasi kepada sumber data.
Hasil Penelitian yang dilakukan bahwa hasil karya batik jumput kelas V
SD Negeri Gayamsari 02 Semarang dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 siswa
yang menggunakan teknik ikatan mawar, 2 siswa menggunakan teknik ikatan
mawar berganda, 6 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berbelit, 3 siswa
menggunakan teknik ikatan garis, dan 2 siswa menggunakan teknik ikatan
penggumpalan. Teknik ikatan yang paling banyak digunakan adalah teknik ikatan
mawar. Adapun hasil pewarnaan kain batik sebagian besar sudah bagus yakni 11
siswa sudah dapat menghasilkan batik jumputan dengan warna yang nyata,
sedangkan hasil pewarnaan 9 karya batik siswa lainnya belum merata.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah guru diharapkan
dapat membantu siswa mengenal batik jumput lebih mendalam agar detail-detail
motif yang diciptakan lebih bagus. Keterbatasan pada penelitian ini terjadi pada
proses pengambilan dokumentasi beberapa karya batik siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3507 |