LARASATI, DEWI (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA KOTAK CILUKBA PADA PEMBELAJARAN TEMA DIRIKU SUBTEMA TUBUHKU KELAS I SD NEGERI GROWONG LOR 03 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI LARASATI 15120477.pdf
Download (3MB)
Abstract
DEWI LARASATI. NPM 15120477.”Keefektifan Media Kotak Cilukba Pada
Pembelajaran Tema Diriku Subtema Tubuhku Kelas I SD Negeri Growong Lor 03
Juwana”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2021.
Rendahnya minat belajar dan hasil belajar pada siswa kelas I Tema Diriku
Subtema Tubuhku SD Negeri Growong Lor 03 Juwana. terbatasnya media
pembelajaran pendukung dan penggunaan media mengajar yang kurang menarik
dan bervariasi menyebabkan anak kurang memahami materi. Sehingga
menyebabkan siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Media Kotak Cilukba
Efektif Pada Pembelajaran Tema Diriku Subtema Tubuhku Kelas I SD Negeri
Growong Lor 03 Juwana? Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan media
kotak cilkba dalam pembelajaran tema satu diriku subtema tubuhku kelas I SD
Negeri Growong Lor 03 Juwana dilihat pada ketuntasan dan peningkatan hasil
belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk
penelitian pre-experimental design yang digunakan adalah bentuk one group
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I
SD Negeri Growong Lor 03 Juwana dengan jumlah 22 siswa dengan menggunakan
teknik non probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes
(pretest-posttest), dokumentasi, wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung 8,61>ttabel 2,07 dengan taraf
signifikan 5% berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media
kotak cilukba efektif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tema diriku
subtema tubuhku kelas I SD Negeri Growong Lor 03 Juwana. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya rata-rata nilai dan ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata nilai
pretest sebesar 75,3 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 88,6. Ketuntasan
belajar klasikal saat pretest mencapai 75% dan posttest mencapai 95,5%.
Saran yang dapat peneliti sampaikan, sebaiknya berdasarkan penelitian
media kotak cilukba, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik
dan paktis bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3504 |