PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BASERAN NOGOSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KUSTIYANINGSIH, DEWI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BASERAN NOGOSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI KUSTIYANINGSIH 20126031.pdf] Text
DEWI KUSTIYANINGSIH 20126031.pdf

Download (5MB)

Abstract

DEWI KUSTIYANINGSIH. NPM 20126031. “ Peningkatan Hasil Belajar IPA
Materi Perubahan Wujud Melalui Impelementasi Model Demonstrasi Pada Siswa
Kelas V SD Negeri Baseran Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Baseran Kecamatan
Nogosari rendah dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga
hasil belajar yang diperoleh siswa kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar dan aktivitas
siswa melalui penerapan model demonstrasi pada kelas V SD Negeri Baseran
Kecamatan Nogosari kabupaten Boyolali pada mata pelajaran IPA materi
perubahan wujud benda.
Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Baseran Kecamatan Nogosari
kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah 13 siswa yang terdiri
dari 3 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan
Dari hasil observasi diperoleh gambaran adanya peningkatan aktivitas siswa
dalam pembelajaran yaitu pada siklus 1 siswa yang aktif dan sangat aktif sebanyak
8 siswa (61,54 %), siklus II sebanyak 12 siswa (92,31%) Simpulan penelitian ini
adalah penerapan model demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
V SD Negeri Baseran Kecamatan Nogosari kabupaten Boyolali tahun 2021/2022
pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan ialah
menjadikan model pembelajaran demonstrasi sebagai salah satu alternatif pendidik
dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:55
Last Modified: 03 Jun 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item
View Item