UPAYA MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI KEGIATAN SHOW AND TELL PADA KELOMPOK TK B DI PG-KG SEMESTA KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

ASTUTI, SOFIANA RAHMA (2022) UPAYA MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI KEGIATAN SHOW AND TELL PADA KELOMPOK TK B DI PG-KG SEMESTA KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SOFIANA RAHMA ASTUTI 19156076I.pdf] Text
SOFIANA RAHMA ASTUTI 19156076I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Astuti, Sofiana Rahma . NPM 19156076 . Upaya Meningkatan Kemampuan
Berbicara Bahasa Inggris Anak Melalui Kegiatan Show And Tell Pada Kelompok
Tk B Di Pg-Kg Semesta Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran
2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang.
2022.
Latar Belakang yang mendorong peneliti adalah Dalam pelaksanaan
proses pembelajaran Bahasa Inggris di TK SEMESTA di Kecamatan Tembalang
kota Semarang kemampuan berbicara bahasa Inggris anak masih kurang.
Sebenarnya bahasa Inggris bukan merupakan bahasa asing buat anak-anak karena
sejak berada dikelas play group anak-anak TK B sudah dikenalkan dengan bahasa
inggris karena memang bahasa pengantar di TK Semesta adalah bahasa Inggris.
Walaupun bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar di TK semesta akan
tetapi banyak anak yang merasa ragu dan malu untuk berbicara bahasa Inggris
dengan jelas dan gamblang. Rendahnya kemampuan anak-anak dalam berbicara
bahasa inggris, bukan hanya karena kurang latihan, hal ini disebabkan karena
kurangnya stimulasi ketika dirumah dengan orang tua, beberapa orang tua tidak
membiasakan anak-anak berbicara bahasa inggris dirumah hanya disekolah saja.
Ini juga disebabkan karena jarangnya anak mendengar kata-kata dalam bentuk
bahasa Inggris, metode pembelajaran yang kurang menarik, serta pemilihan media
pengajaran yang kurang tepat
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
sebanyak 18 anak Kelompok B di PG-KG Semesta tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai dari Minggu ke-1
tanggal 16 November 2021 sampai 23 November 2021, Minggu ke-2 tanggal 25
November 2021 sampai 2 Desember 2021. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu:membuat perencanaan, melakukan tindakan,, mengadakan pengamatan
tindakan,, merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan.
`
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa
Inggris anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan show and tell. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang menunjukan kemampuan berbicara
bahasa Inggris dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II.
Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 16,67% yang menunjukan kemampuan
berbicara bahasa Inggris dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 14 anak
atau 77,78% yang dapat menunjukkan kemampuan berbicara bahasa Inggris
dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa kemampuan Berbicara bahasa Inggris kelompok B di PG-KG
Semesta Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui Kegiatan show
and tell.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:55
Last Modified: 22 Mar 2024 03:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item
View Item