KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 03 KARANGNGASEM

ANGGRAINI, DEVY (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 03 KARANGNGASEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Devy Anggraini 15120415.pdf] Text
Devy Anggraini 15120415.pdf

Download (5MB)

Abstract

DEVY ANGGRAINI, NPM 15120415. “Keefektifan Model Problem Based
Learning (PBL) Berbantu Media Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam
Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 03 Karangasem”. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing 1: Sukamto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2: Prasena
Arisyanto, S.Pd., M.Pd. 2022.
Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada
siswa kelas IV SD Negeri 03 Karangasem. Terdapat beberapa masalah seperti,
pembelajaran yang masih terpusat kepada guru, model pembelajaran yang
digunakan kurang inovatif, kurangnya penggunaan media pembelajaran, siswa
yang cepat bosan dan sering bermain sendiri serta siswa kurang tertarik untuk
belajar matematika.Hasil belajar siswa menunjukan sebagian besar siswa belum
mencapai KKM. Siswa kurang memahami soal cerita pada mata pelajaran
Matematika.
Desaign penelitian menggunakan pre-eksperimentaldesaign dengan desaign one
group pretest – posttest. Dengan sampel 34 siswa kelas IV SD Negeri 03
Karangasem. Dengan menggunakan non probability sampling berbentuk sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian melalui, wawancara, tes dan
dokumentas
Hasil penelitian Menunjukan Bahwa rata – rata hasil pretest belajar siswa sebesar
22,5 sedangkan rata – rata posttest 78,8 dan hasil perhiitungan uji hipotesis
menggunakan Paired Sampel T-Test, diperoleh diperoleh thitung = 59,58 dan ttabel
2,03452. Karena t hitung ≥ t tabel yaitu, 59,58 > 2,03452, jadi H0 ditolak dan Ha,
maka diterimasehingga model pembelajaran PBL berbantu Media Geoboard
efektif terhadap hasil belajar matematika dalam materi bangun datar kelas IV
SDN 03 Karangasem.
Saran penelitian ini adalah proses belajar mengajar dengan menerapkan model
pembelajaran PBL berbantu media geoboard dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar, guru daat menerapkan
model pembelajaran PBL dan media geoboard untuk variasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:46
Last Modified: 22 Mar 2024 03:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item
View Item