NIKMAH, ZAITI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENIRUKAN GERAKAN IBADAH “BERWUDHU” MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA RUJCHANIYYAH SUMBEREJO TAHUN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ZAITI NIKMAH 19156011.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Zaiti Nikmah (NPM . 19156011). “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Menirukan Gerakan Ibadah Berwudhu Melalui Kegiatan Pada Anak Kelompok A
Di RA Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak Tahun 2021-2022” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
Kemampuan anak, karena Anak masih belum berani mencoba hal baru sehingga
terkesan meniru Masalah dalam penelitian ini tentang upaya meningkatkan
kemampuan menirukan gerakan ibadah berwudhu melalui kegiatan pembiasaan
pada anak kelompok A Di RA Rujchaniyyah sumberejo mranggen demak tahun
2021-2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan
menirukan gerakan ibadah berwudhu pada anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 15 anak Kelompok A di RARujchaniyyah Sumberejo Mranggen
Demak Tahun 2021-2022”. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua
siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan anak pada siklus I perkembangan
kemampuan anak mencapai presentase 53,3% dan siklus II perkembangan
kemampuan anak meningkat mencapai 86,6% dengan demikian perkembangan
kemampuan anak mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian
kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan
menirukan gerakan ibadah berwudhu melalui kegiatan pembiasaan pada anak
kelompok A Di RA Rujchaniyyah sumberejo mranggen tahun 2021-2022.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan
menirukan gerakan ibadah berwudhu pada anak dapat meningkat melalui kegiatan
pembiasan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Diharapkan anak untuk lebih cermat, kreatif dan lebih imajinatif pada kegiatan
pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru, Diharapkan kegiatan seperti ini
dapat dilaksanakan secara terprogram.Karena Melalui kegiatan pembiasaan anak
dapat mengenal gerakan ibadah berwudhu tersebut, dimana anak praktek langsung
cara berwudhu dan bertanya langsung tentang tata cara dan urutan berwudhu
berwudhu dengan benar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:30 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3464 |