KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V MI NURUL AMANAH KABUPATEN GROBOGAN

KALIFAH, FITRIA (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V MI NURUL AMANAH KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitria Kalifah NPM 18120193. “Keefektifan media Audio Visual terhadap hasil
belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V MI Nurul Amanah Kabupaten Grobogan”.
Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2022. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah
Kurang efektifnya pembelajaran karena guru kurang bervariasinya media
pembelajaran, model yang digunakan kurang bervariasi, metode pembelajaran
kurang bervariasi, sumber belajar kurang, pembelajaran masih berpusat pada guru,
strategi pembelajaran yang kurang, siswa masih menganggap bahwa mata
pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit dipahami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre�ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Nurul Amanah Kabupaten Grobogan
tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V
sebanyak 12 siswa. hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
media audio visual efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa inggris.
Penelitian diukur dari hasil belajar mata pelajaran Bahasa inggris siswa saat
mengikuti proses pembelajaran atau pemberian pretest-posttest. Berdasarkan
perhitungan hasil nilai pretes menunjukan rata-rata 40,8 dan hasil posttest
menunjukan rata-rata 86,67. Maka siswa mengalami peningkatan sebanyak 45,87
dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Keefektifan media audio visual
terhadap siswa kelas V MI Nurul Amanah dapat membantu dalam proses
pembelajaran dimana siswa sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti proses
pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi menarik dan aktif. Media
tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan siswa lebih
aktif dalam berdiskusi dan meningkatnya hasil belajar siswa. Dengan adanya
perlakuan tersebut mengakibatkan siswa lebih mudah dalam memahami materi,
mengingat materi dan meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:27
Last Modified: 22 Mar 2024 03:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item
View Item