PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELAUI TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PERILAKU KETERGANTUNGAN MEDSOS PADA SISWA

PRAMESI, NANDINI LINDAR (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELAUI TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PERILAKU KETERGANTUNGAN MEDSOS PADA SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NANDINI LINDAR PRAMESI 19110061.pdf] Text
NANDINI LINDAR PRAMESI 19110061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nandini Lindar Pramesi. NPM 19110061 : “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Melalui Teknik Problem Base Learning Terhadap Perilaku
Ketergantungan Medsos Pada Siswa”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I : Dr. Dini
Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Dr.chr.Argo Widiharto, S.Psi., M.Si
Penelitian Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik
Problem Based Learning Terhadap Perilaku Ketergantungan Medsos Pada Siswa
dilatar belakangi oleh tingginya tingkat ketergantungan media sosial siswi kelas
XI di Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang, hal tersebut ditandai dengan hasil
data analisis kebutuhan peserta didik kelas XI yang prosentase tertinggi pada butir
item “Saya sulit mengendalikan ketergantungan pada media sosial”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapakah ada pengaruh
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Based Learning terhadap perilaku
ketergantungan media social pada siswa? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana pengaruh Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem
Based Learning twerhadap prtilaku ketergantungan media sosial pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode
eksperimen yang digunakan yaitu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 130
siswa. pada kelas XI IPS. Teknik pengumpulan sampling pada penelitian ini
adalah menggunakan cluster random sampling. Berdasrkan uji hipotesis,
diperoleh hasil sigifikasi (2-tailed) sebesar 0,003.Maka hasil nilai signifikansi (2-
tailed) < 0,05 atau 0,003< 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara
pretest dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna
terhadap perlakuan yang diberikan di kelas experimen kelas XI di Sma Islam
Sultan Agung 1 Semarang.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Problem Based Learning,
Ketergantungan Medsos

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:03
Last Modified: 05 Jan 2024 03:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item