ASTUTI, TULUS WIDYA (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM ( QUANTUM TEACHING ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN REJOSARI 02 SEMARANG KECAMATAN SEMARANG TIMUR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TULUS WIDYA ASTUTI 18120200.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
TULUS WIDYA ASTUTI, NPM 18120200 “Keefektifan Model Pembelajaran
Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa
Kelas IV SDN Rejosari 02 Semarang Kecamatan Semarang Timur”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Unversitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Sunan Baedhowi, M.Si dan Pembimbing II M. Yusuf Setia W,
S.Pd., M.Pd 2022.
Latar belakang bahwa peserta didik kelas IV pada pelajaran IPS masih
sangat rendah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain dapat disebabkan oleh
guru yang kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran. Adapun
pembelajaran yang monoton seperti guru hanya melakukan pelajaran
menggunakan model ceramah sehingga banyak peserta didik yang terlihat kurang
menarik atau pelajaran terkesan membosankan, dalam proses pembelajaran juga
terdapat masalah seperti siswa kurang antusias dengan pembelajaran IPS karena
pembelajaran masih cenderung pasif.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model
Quantum Teaching dapat efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas
IV di SDN Rejosari 02 Semarang Kecamatan Semarang Timur?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Rejosari 02 Semarang
Tahun 2021/2022. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV
B yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling
berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai siswa mengalami kenaikan dengan nilai rata
posttest kelas eksperimen sebesar 87,00 sedangkan kelas kontrol 64,61. Hasil dari
tersebut dihitung melalui menggunakan rumus Uji t yang diperoleh thitung yaitu
14,34 sehingga ttabel 2,012 dengan nilai sig = 1,31 < 0,05 yang artinya Ho ditolak
dan Ha diterima maka ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas
kontrol. Kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 87,00 sedangkan nilai rata-rata
kelas kontrol 64,16. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Quantum Teaching efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas
IV SDN Rejosari 02 Semarang.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menngunakan model Quantum
Teaching terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS dan setelah menggunakan
Quantum Teaching terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS. Hal ini didukung
oleh terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sebelum perlakuan dan
sesudah perlakuan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3455 |