IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERTANGGUNG JAWAB ANAK

Viana, Fitri Elma (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERTANGGUNG JAWAB ANAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FITRI ELMA VIANA 17150000.pdf] Text
FITRI ELMA VIANA 17150000.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitri Elma Viana.NPM 17150003." Implementasi STEAM Berbasis Lingkungan
Sosial dalam Pengembangan Kemampuan Bertanggung Jawab Anak" Program
Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Pembimbing
II Purwadi, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengembangkan
kemampuan bertanggung jawab anak usia dini karena ada beberapa anak yang
kurang mengembangkan kemampuan bertanggung jawab seperti kurangnya
kesadaran siswa mengerjakan tugas yang diberikan menjaga barang miliknya
meletakkan barang sesuai tempatnya dan menghargai waktu.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan
kemampuan bertanggung jawab anak usia dini dengan pendekatan steam di TK IT
Harapan Bunda. Serta factor pendukung dan penghambat yang dialami. Dengan
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan
kemampuan bertanggung jawab anak dalam pendekatan STEAM di TK IT
Harapan Bunda.
Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu data yang dilakukan
oleh peneliti dengan memperoleh melalui observasi dokumentasi dan
wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendekatan steam anak�anak dapat mengembangkan kemampuan bertanggung jawab anak seperti
menjaga barang miliknya mengerjakan tugas yang diberikan maka akan barang
sesuai tempatnya dan menghargai waktu. Terdapat juga faktor pendukung yang
mampu mendukung anak dalam meningkatkan kemampuan bertanggung jawab
anak seperti Tersedianya lingkungan yang aman nyaman serta bahan dan alat yang
diberikan menarik.dan terdapat faktor penghambat diantaranya kurangnya
pemahaman orang tua dalam penggunaan alat dan bahan dalam mengembangkan
kemampuan bertanggung jawab anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah perlu
adanya sosialisasi kepada orangtua dalam pemanfaatan alat dan bahan yang dapat
kemampuan bertanggung jawab anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:18
Last Modified: 22 Mar 2024 03:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item
View Item