AKBAR, MOCH. ARIF MAULANA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS LITERASI DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MOCH. ARIF MAULANA AKBAR 18310001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dapat terlatih dengan seringnya diberikan soal
secara rutin. Selain kemampuan penalaran, pembelajaran matematika harus
mengembangkan kemampuan literasi dalam menyelesaikan persoalan terutama
pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan penalaran dalam menyelesaikan masalah materi aritmatika sosial
berbasis literasi ditinjau dari keaktifan belajar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dan berlangsung di lapangan (field research). Subyek
penelitian adalah peserta didik kelas kesembilan SMP Negeri 7 Pemalang tahun
pelajaran 2021/2022. Pengambilan data menggunakan angket dan tes. Hasil
penelitan menunjukkan kemampuan penalaran siswa dengan kategori keaktifan
belajar sangat baik dapat menguasai 100% indikator penalaran dan menunjukan
semua indikator penalaran. Sedangkan kemampuan penalaran siswa dengan
kategori keaktifan belajar baik hanya menguasai 28,57% indikator penalaran dan
menunjukan semua indikator penalaran. Pada indikator IP2, IP3, IP5,IP6 dan IP7
semua siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dengan baik.
Kata kunci : Kemampuan Penalaran, Aritmetika Sosial, Literasi, Keaktifan
Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3444 |