DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERBASIS STEM MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Ilfiana, Mila (2022) DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERBASIS STEM MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MILA ILFIANA 18310056 .pdf] Text
MILA ILFIANA 18310056 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Bangun ruang sisi datar merupakan materi yang sangat erat kaitanya dalam
kehidupan sehari- hari. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan
dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah. Hal tersebut berarti bahwa
tingkat kemampuan literasi matematis yang dimiliki masih rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan lintasan belajar yang dapat membantu siswa
meningkatkan kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar
dengan membuat projek desain wadah bakpia pathok di kelas VIII SMPN 1 Sragi.
Lintasan belajar ini terdiri dari 3 aktivitas yaitu mendesain projek wadah bakpia
pathok untuk mengenal bentuk bangun ruang sisi datar, menentukan sifat – sifat
bangun ruang sisi datar dan menggambarkan jaring – jaring bangun ruang sisi
datar, menentukan luas permukaan dan volume serta menyelesaikan masalah
terkait bangun ruang sisi datar dalam kehidupan sehari – hari. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah STEM (science, technology, engineering
and mathematics) melalui lesson study yang diintegrasikan dengan design
research. Dari aktivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa lintasan belajar yang
diperoleh dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi
bangun ruang sisi datar.
Kata kunci : Bangun ruang sisi datar, STEM, Lesson study, Desain wadah
bakpia pathok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:07
Last Modified: 22 Mar 2024 03:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item
View Item