ANALISIS PERAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV SDN PITROSARI WONOBOYO TEMANGGUNG

Aji, Miftachur Rofiq Setiyo (2022) ANALISIS PERAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV SDN PITROSARI WONOBOYO TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MIFTACHUR ROFIQ SETIYO AJI 16120262 .pdf] Text
MIFTACHUR ROFIQ SETIYO AJI 16120262 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Miftachur Rofiq Setiyo Aji. NPM 16120262. “Analisis Peran Orangtua Dan
Lingkungan Belajar Dalam Pembelajaran Kelas IV SDN Pitrosari Wonoboyo
Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2022. Dr.
H. Rahmat Rais, M.Ag., Asep Ardiyanto, S.Pd.,M.Or.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan
pembelajaran tidak dapat berjalan efektif. Selama kegiatan pembelajaran
dilakukan secara daring siswa terbiasa untuk mengerjakan tugas sebisanya dan
lebih banyak didampingi bahkan tidak jarang tugasnya dikerjakan oleh orangtua.
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana peran
orangtua dan lingkungan belajar dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas IV
SDN Pitrosari Wonoboyo Temanggung setelah pandemi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
kelas IV SD Negeri 1 Wonoboyo. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas
IV SDN Pitrosari Wonoboyo Temanggung Tahun Pelajaran 2021/2022. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen wawancara guru kelas IV, dan
kepala sekolah SDN Pitrosari Wonoboyo Temanggung, observasi kegiatan
pembelajaran, angket orangtua atau wali murid siswa kelas IV SDN Pitrosari
Wonoboyo Temanggung serta seluruh dokumentasi kegiatan penelitian.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang terdapat
dalam bab sebelumnya, maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1)
peran orangtua dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SDN Pitrosari
Wonoboyo Temanggung setelah pandemi adalah sebagai pendidik, sebagai
motivator yang mendorong siswa semangat, aktif, mandiri, dan percaya diri,
sebagai fasilitator dalam menyediakan kebutuhan belajar anak seperti alat tulis
dan tempat untuk belajar yang nyaman, juga sebagai pembimbing ketika anak
mengalami kesulitan belajar. 2) Peran lingkungan belajar secara alami yakni
dapat mendorong tumbuhnya minat belajar siswa, dan meningkatkan konsentrasi
siswa, sedangkan peran lingkungan belajar sosial dan budaya mampu mendorong
siswa aktif, percaya diri, bertanggung jawab, mampu bekerjasama, sehingga
mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Peran, Orangtua, Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:04
Last Modified: 22 Mar 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item
View Item