METODE GURU PKN DALAM MEMBIASAKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI SMA LABORATORIUM UPGRIS

DAYANTI, NELY (2023) METODE GURU PKN DALAM MEMBIASAKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI SMA LABORATORIUM UPGRIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NELY DAYANTI 17210006.pdf] Text
NELY DAYANTI 17210006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakangi penelitian ini yaitu karena banyaknya siswa SMA
Laboratorium UPGRIS yang melanggar aturan tata tertib, seperti terlambat masuk
sekolah, tidak mengerjakan tugas, serta gaduh ketika proses pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah pertama megetahui strategi guru PKN dalam membiasakan
kedisiplinan siswa kelas X di SMA Labschool UPGRIS. Kedua mengetahui
kendala yang dihadapi guru PKN dalam membiasakan kedisiplinan siswa kelas X
di SMA Labschool UPGRIS.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian
ini berlokasi di SMA Laboratorium UPGRIS. Indikator dalam penelitian ini
adalah 1) Metode internalisasi. 2) Metode keteladanan. 3) Metode pembiasaan. 4)
Metode cerita. 5) Metode nasihat. 6) Metode penghargaan (reward) dan hukuman
(punishment) sebagai strategi dalam membiasakan kedisiplinan siswa. 7) Kendala
yang dihadapi guru dalam membiasakan kedisiplinan siswa. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan antara lain Reduksi data, Penyajian Data dan Penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Metode internalisasi,
dilakukan dengan mengajarkan nilai karakter disiplin ke dalam pembelajaran
PKN, yang dilakukan dengan membiasakan menaati peraturan yang berlaku,
seperti masuk sekolah dari jam 07.00-15.30. 2) Metode keteladanan yaitu
dilakukan guru PKN dengan memberikan contoh kepada siswa untuk masuk kelas
tepat waktu, sehingga siswa akan mengikuti. 3) Metode pembiasaan, yaitu metode
yang dilakukan dengan membiasakan siswa dalam mengumpulkan tugas tepat
waktu. 4) Metode cerita, yaitu guru PPKn menceritakan kepribadan Ir. Soekarno
agar nantinya sswa dapat meneladani sikap disiplin yang dimiliki Ir Soekarno. 5)
Metode nasihat, guru melakukan pengarahan seluruh siswa agar tidak terlambat
masuk sekolah maupun mengumpulkan tugas. 6) Metode penghargaan dan
hukuman, dilakukan dengan memberi pujian pada siswa yang mematuhi aturan,
seperti memberikan pujian pada siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu.
Serta memberi hukuman mengambil sampah di halaman sekolah, pada siswa yang
datang terlambat dan mengumpulkan tugas terlambat. 7) Kendala yang dihadapi
adalah adanya siswa yang masih bandel dan tetap berangkat terlambat, serta tidak
mengerjakan tuga. 8) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu
membuat peraturan dengan pemberian sanksi tegas pada siswa yang melanggar
kedisiplinan, sanksinya seperti memungut sampah di halaman, maupun
membersihkan toilet.
Simpulan dari penelitian ini yaitu metode yang dianggap paling efektif
untuk membiasakan kedisiplinan siswa yaitu metode internalisasi, selain itu
kendala yang dihadapi guru PKN dalam membiasakan kedisiplinan siswa kelas X
di SMA Labschool UPGRIS yaitu masih adanya siswa yang bandel dan
melanggar tata tertib. Upaya memberikan pengarahan pada semua siswa pada saat
pelaksanaan pembelajaran, dengan memberikan informasi bahwa siswa yang
melanggar kedisiplnan akan diberi hukuman seperti memungut sampah di
halaman.
Kata Kunci : Metode Guru, Kedisiplinan, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:00
Last Modified: 05 Jan 2024 03:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item