SUDARTO, MASITOH OKTAFIATI (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BATURSARI 06 MRANGGEN DEMAK PADA MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MASITOH 16120334 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
MASITOH OKTAFIATI SUDARTO NPM 16120334. “Analisis Pelaksanaan
Pembelajaran Daring Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa Kelas IV SD
Negeri Batursari 06 Mranggen Demak Pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dengan pembimbing I Dr. H. Rahmat Rais
M.Ag dan Pembimbing II Eka Sari Setianingsih S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sebagian besar siswa
masih tertinggal dalam mengikuti pembelajaran daring karena beberapa faktor
seperti kurangnya fasilitas yang dimiliki, dan akses internet yang sulit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan pelaksanaa model
pembelajaran daring di masa pandemi covid 19, faktor pendukung dan
penghambat dalam proses menggunakan Model Pembelajaran Daring pada masa
pandemi covid-19 di kelas IV SD Negeri Batursari 06 Mranggen Demak..
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian siswa
kelas IV SDN Batursari 6 Mranggen Demak. Subyek penelitian adalah seluruh
siswa kelas IVB SDN Batursari 6 Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2021/2022.
yang berjumlah 16 data siswa dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
observasi, serta dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang terdapat
dalam bab IV, maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran daring dalam mengatasi masalah belajar siswa pada masa
pandemi terdapat beberapa hambatan.
Perencanaan pembelajaran daring secara terstruktur dapat mempengaruhi
keberhasilan dalam melakukan proses pembelajaran daring tersebut. Keberhasilan
proses pembelajaran daring tersebut dapat dilihat dari persentase antusias siswa
dalam mengikuti pembelajaran. Minimnya persentase antusias siswa sangat
mempengaruhi pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang
dibuktikan oleh hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 6 Batursari, Antusias
siswa dalam mengikuti pembelajaran daring hanya sekitar 45% saja dan sejauh ini
hanya 45% sampai dengan 50% saja dari jumlah siswa kelas IV yang mampu
memahami materi pembelajaran melalui pembelajaran daring selama masa
pandemi ini Hal ini dapat disebabkan oleh kurang terstrukturnya pembelajaran
daring dan video pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang menarik. Dalam
pembelajaran daring, guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membuat
video pembelajaran guna menarik antusias siswa agar lebih bersemangat dan
tertarik untuk mengikuti pembelajaran daring.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Masalah, Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3410 |