PENGARUH MEDIA PAPAN SILSILAH KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 03 KRASAK JEPARA

KUMALASARI, DEA (2022) PENGARUH MEDIA PAPAN SILSILAH KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 03 KRASAK JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEA KUMALASARI 15120338.pdf] Text
DEA KUMALASARI 15120338.pdf

Download (2MB)

Abstract

DEA KUMALASARI. NPM 15120338. ―PENGARUH MEDIA PAPAN
SILSILAH KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS
III SDN 03 KRASAK JEPARA‖. Skripsi dengan Dosen Pembimbing I Veryliana
Purnamasari, S.Pd, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Ibnu Fatkhu Royana, S.Pd,
M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Desember 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan silsilah
keluarga terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 03 Krasak Jepara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu
(quasy eksperimen). Desain penelitian pada penelitian ini adalah “One Groups
Pretest-Posttest Desaign”.Sampel pada pebelitian ini menggunakan tiga kelas,
yaitu dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelas
control.Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan
dokumentasi. Untuk menjawab hipotesis digunakan uji t dan uji Univariate
Analysis of Variance dengan bantuan progam IBM SPSS versi 25.0. Hasil analisis
diperoleh rata-rata pre-test kemampuan berpikir kreatif menggunakan open ended
sebesar 63.9332 dan post-test sebesar 72.2646. Perubahan tersebut terlihat dari
nilai rata-rata setelah pelakuan mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan
bahwa adanya pengaruh media papan silsilah keluarga terhadap hasil belajar.
Selain itu,berdasarkan output perhitungan data juga diketahui thitung sebesar 4,228
dan P sebesar 0,000; P = 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa media papan silsilah keluarga berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar IPS.
Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian pada sekolah
tersebut agar penggunakan media papan silsilah keluarga akan lebih bermakna ,
jika disesuaikan dengan karakteristik dan mampu memberikan inovasi baru dalam
dunia
pendidikan,
khususnya
dalam
pembelajaran
dikelas
agar
lebih
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Media papan silsilah
keluarga dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran open ended karena
mampu melatih kemampuan berpikir kreatif sehingga siswa tidak mudah bosan
yang berimbas pada meningkatnya hasil belajar.
Keywords : Media papan silsilah keluarga, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:54
Last Modified: 22 Mar 2024 02:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item
View Item