Dewi, Trie Utami (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PROSES BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD N 2 ROWOSARI KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRIE UTAMI DEWI 17120028.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Trie Utami Dewi, NPM 17120028 “Efektivitas Pembelajaran Daring
Terhadap Proses Belajar Pada Siswa Kelas V SD N 2 Rowosari Kecamatan
Rowosari Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Bapak Purwadi, S.
Pd., M. Pd dan Bapak Sunan Baedhowi, S.H.I., M. Si., Desember 2021. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini yang memberlakukan pembelajaran
daring karena adanya pandemi, hal ini menyebabkan peserta didik harus belajar
dari rumah dan didampingi orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
seberapa besar efektivitas pembelajaran daring terhadap proses belajar pada siswa
kelas V SD N 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis
data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini juga merupakan jenis
penelitian asosiatif kausal, karena menganalisis hubungan sebab akibat antara
variabel X yang merupakan perencanaan pembelajaran (X1) dan pelaksanaan
pembelajaran (X2) dan variabel Y merupakan evaluasi pembelajaran. Populasi
dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SD N 2 Rowosari Kecamatan Rowosari
Kabupaten Kendal yang berjumlah 25 Peserta didik data dalam penelitian ini
diperoleh melalui kuesioner. (X1) (X2)
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring efektif dalam
evaluasi pembelajaran siswa kelas V SD N 2 Rowosari. pernyataan tersebut
berdasarkan pada hasil uji F yang diketahui nilai F hitung sebesar 30.590 dan nilai
signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak
dan H1 diterima, artinya pembelajaran daring (perencanaan pembelajaran (X2) dan
pelaksanaan pembelajaran (X1) berpengaruh signifikan terhadap evaluasi
pembelajaran siswa kelas V SD N 2 Rowosari (Y). Kemudian dilihat dari nilai
koefisien determinasi dalam penelitian ini, diperoleh nilai sebesar 0,317 yang
diartikan bahwa pembelajaran daring (perencanaan pembelajaran (X1),
pelaksanaan pembelajaran (X2) berpengaruh terhadap evaluasi pembelajaran siswa
kelas V SD N 2 Rowosari sebesar 31,7% sedangkan sisanya 68,3% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Saran untuk guru diharapkan mempertahankan metode pembelajaran
yang sudah diterapkan selama pandemi Covid-19. Pemberian materi pembelajaran
disampaikan secara ringkas dan meminimalisir mengirim materi dalam bentuk
video berdurasi panjang untuk menghemat kuota, memilih media berupa video
dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tetap memberikan materi
sebelum penugasan namun dalam pemberian tugas hendaknya tidak terlalu
banyak dan soal hendaknya lebih bervariasi, serta pemberian tugas harus di
sertakan dengan instruksi yang mudah di pahami.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Proses Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:49 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3401 |