MUARIFAH, FINDA (2022) KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBONSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
FINDA MUARIFAH. NPM 17120406. “Keefektifan Metode Bernyanyi
Berbantu Media Audio Visual Pada Materi Bangun Datar Terhadap Pemahaman
Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan pemahaman siswa pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 1
Kebonsari sehingga hasil belajar peserta didik rendah, hal ini dikarenakan selama
proses pembelajaran daring guru dalam penyampaian materi melalui WhatsApp
Group hanya sedikit dan terbatas dimana guru cenderung memberikan tugas dan
hanya audio saja selain itu pemanfaatan metode dan media yang kurang inovatif
sehingga membuat siswa merasa bosan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan
metode bernyanyi berbantu media audio visual pada materi bangun datar terhadap
pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari? ”. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui keefektifan metode bernyanyi berbantu media audio
visual pada materi bangun datar terhadap pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1
Kebonsari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari. Sampel yang diambil 11 peserta didik,
dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes
dan dokumentasi.
Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 54,82
sedangkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata 85,55 serta
berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung sebesar (12,070) > ttabel (2,080) jadi Ho
ditolak yang artinya rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak sama.
Ditunjukkan juga dalam uji ketuntasan klasikal, hasil pretest mencapai ketuntasan
belajar klasikal 27%. Hasil posttest mencapai ketuntasan belajar sebesar 82%.
Suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat ≥64% peserta didik telah tuntas
belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan metode
bernyanyi berbantu media audio visual efektif terhadap pemahaman peserta didik
pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3395 |