Wanikmah, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA GAMBAR A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA GAMBAR ASOSIATIF BENDA ALAM PADA ANAK KELOMPOK “A” RA KAFRAWI MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WANIKMAH 18156065.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
WANIKMAH. NPM 18156065. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10
Melalui Media Gambar Asosiatif Benda Alam Pada Anak Kelompok “A” RA
Kafrawi Mranggen Demak Tanun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. UPGRIS Semarang.2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai kemampuan
anak dalam mengenal angka sebagai lambang banyaknya benda tersebut sebenarnya
dapat ditingkatkan dengan mempergunakan benda konkret sesuai dengan tahapan
usia anak salah satunya mempergunakan media benda alam yang ada disekitar anak.
Benda alam yang dapat digunakan dapat berupa benda mati seperti batu, tanah,
paris, biji, kerang, dan lain-lain, sedangkan benda hidup dapat berupa manusia itu
sendiri, hewan, dan tanaman. Dengan benda konkret anak dapat berlatih berhitung
langsung dengan benda sekaligus mengenal angka.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10
melalui media benda-benda alam pada Kelompok A di RA Kafrawi Mranggen
Demak tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
gasal selama 2 minggu yang dimulai dari tanggal 12 Oktober 2020 sampai 24
oktober 2020. Subyek penelitian adalah anak kelompok RA A yang berjumlah 12
anak. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuatperencanaan, 2)
melakukantindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah
dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik
deskriptif kuantitatif..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka 1 -10
dapat ditingkatkan melalui media benda-benda alam. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan mengenal angka 1 - 10
dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada pra siklus
jumlah anak dengan nilai baik 2 anak (16%) jumlah anak dengan nilai cukup 4 anak
(33%) jumah anak dengan nilai kurang 6 anak (51%). Siklus I jumlah anak dengan
nilai baik 8 anak (66%) nilai cukup 2 anak (17%)dan nilai kurang sebanyak 2 anak.
Pencapaian pada siklus II yang mendapat nilai baik 12 anak (100%) yang mendapat
nilai cukup dan kurang tidak ada, yang artinya penelitian ini sudah mencapai
indikator kinerja yaitu 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa mwdia gambar
asosiasi dapat meningkatkan pengenalan angka 1-10 pada anak kelompok A RA
Kafrawi Mranggen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3394 |