FITRIANA, WAHYU MYLA (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA OPERASI BILANGAN SISWA KELAS 3 SD NEGERI BOLOAGUNG 02 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WAHYU MYLA FITRIANA 18120068.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
WAHYU MYLA FITRIANA. NPM 18120068. “Keefektifan Model Pair Checks
terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Operasi Bilangan Siswa Kelas 3
SD Negeri Boloagung 02 Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
komunikasi matematis siswa pada materi pengurangan teknik menyimpan. Hal tersebut
disebabkan oleh pelaksaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan belum
digunakannya model pembelajaran oleh guru saat proses pembelajaran. Hal tersebut
berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pengurangan dengan
teknik menyimpan yang masih rendah dan hasil belajar tidak maksimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model pair
checks terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi bilangan
kelas 3 SD Negeri Boloagung 02 Pati? Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah
mengetahui apakah model pembelajaran pair checks efektif terhadap kemampuan
komunikasi matematis pada oprasi bilangan kelas 3 SD Negeri Boloagung 02 Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-experimental
design dengan bentuk one-group-pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas 3 SD Negeri Boloagung 02 Pati. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 36 yang merupakan siswa-siswi kelas 3 yang diambil
menggunakan Teknik Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara dan tes.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 59,22 dan rata-
rata posttest 83,78. Pada saat pretest hanya ada 14 siswa tuntas dan 22 siswa lainnya
belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 39%. Setelah dilakukan posttest
terdapat 34 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan
klasikal 89%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t bahwa thitung > ttabel yaitu
7,521 > 2,000 maka Ha diterima sehingga terdapat perbedaan kemampuan komunikasi
matematis siswa antara sebelum dan sesudah model pembelajaran pair checks
diterapkan pada siswa kelas 3 SD Negeri Boloagung 01 Pati pada materi pengurangan
teknik menyimpan.
Saran yang dapat disampaikan berdasaran hasil penelitian ini adalah model
pembelajaran pair checks dapat dijadikan salah satu alternative model pembelajaran
bagi guru dalam mengajar materi pengurangan teknik menyimpan maupun materi
lainnya sehingga pemahaman siswa terdahap materi membaik dan kemampuan
komunikasi matematis meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3389 |