KARTINI, TRI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU KESESIREJO KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021 – 2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI KARTINI 19156130.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pembelajaran motorik halus pada anak khususnya koordinasi mata dengan tangan
dan melenturkan jari – jari tangan anak. Hal tersebut disebabkan metode belajar
yang digunakan kurang bervariatif dan kegiatannya masih menggunakan LKA (
Lembar Kerja Siswa ) sehingga anak kurang tertarik dan merasa cepat bosan
dengan kegiatan LKA .
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam
kertas pada kelompok B di TK Muslimat NU Kesesirejo Kecamatan Bodeh
Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas),
dengan 2 Siklus dan masing-masing siklus ada 3 indikator.Populasi penelitian
adalah seluruh anak kelompok B di TK Muslimat NU Kesesirejo Kecamatan
Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022.Sampel yang diambil
hanya 12 anak dikarenakan masih dalam masa pandemi covid. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil pengamatan aktivitas anak pada tiap siklus sudah mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada Pada pra siklus kemampuan motorik halus
anak yang termasuk anak belum berkembang (BB) sebanyak 1 anak atau 8%,
anak mulai berkembang (MB) sebanyak 9 anak atau 75% , anak berkembang
sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 anak atau 17% dan anak berkembang sangat
baik (BSB) sebanyak 0 anak atau 0%. Pada siklus I anak yang memiliki
kemampuan motorik halus dalam menganyam yang termasuk anak belum
berkembang (BB) sebanyak 0 anak atau 0%, anak mulai berkembang (MB)
sebanyak 3 anak atau 25% , anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5
anak atau 42% dan anak berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 4 anak atau
33%. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak dalam menganyam kertas
yang termasuk dalam anak yang berkategori berkembang sangat baik (BSB)
sebanyak 10 anak atau ( 83%) , berkembang sesuai harapan sebanyak 2 anak atau
( 17%) dan anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 0 anak atau (0%)
secara individu. Secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan
menganyam kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada
kelompok B di TK Muslimat NU Kesesirejo Kecamatan Bodeh Kabupaten
Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil penelitian ini rekomendasi yang dapat disampaikan
adalah agar kegiatan mengayam kertas ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar dan cara menstimulasi motorik halus pada anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:36 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3380 |