SUPRIYANTO, TEGUH (2022) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI SUB RAYON 04 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TEGUH SUPRIYANTO 20510032.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Teguh Supriyanto, NPM: 20510032. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Supervisi
Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri Sub
Rayon 04 Kabupaten Demak. Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dr.Maryanto, M. Si.,
Pembimbing II Dr.YovitaYuliejantiningsih. M. Pd.
Rumusan masalah ini adalah: 1) apakah terdapat pengaruh motivasi
berprestasi guru terhadap kompetensi pedagogik di SMP Negeri Sub Rayon 04
Kabupaten Demak, 2) apakah terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap
kompetensi pedagogik di SMP Negeri Sub Rayon 04 Kabupaten Demak, 3)
apakah terdapat pengaruh motivasi berprestasi guru dan supervisi kepala sekolah
secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik di SMP Negeri Sub Rayon
04 kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto atau penelitian kausal
komparatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri Sub Rayon 04 Kabupaten Demak yang
terdiri dari 9 SMP dalam kurun waktu 7 bulan mulai dari bulan Agustus. Sampel
penelitian ini adalah 169 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket
(kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian dengan menggunakan Analisis
Regresi dan Korelasi.
Hasil penelitian 1) terdapat pengaruh motivasi berprestasi guru terhadap
kompetensi pedagogik guru berdasarkan nilai Fhitung 123,600 > Ftabel 3,90 dan
nilai Sig 0,000 < 0,05. Kekuatan hubungan motivasi berprestasi guru dengan
kompetensi pedagogik guru sebesar 0,652. Besar pengaruh yang diberikan adalah
42.5%. 2) terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi
pedagogik berdasarkan nilai Fhitung 177,181 > Ftabel 3,90 dan nilai Sig 0,000 <
0,05. Hasil koefisien korelasi antara supervisi kepala sekolah dengan kompetensi
pedagogik guru adalah 0,717. Kontribusi pengaruhnya sebesar 51,5%. 3) terdapat
pengaruh motivasi berprestasi guru dan supervisi kepala sekolah secara bersama-
sama terhadap kompetensi berdasarkan nilai Fhitung 117,789 > Ftabel 3,05 (117,789
> 3,05) dan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hasil koefisien korelasi antara motivasi
berprestasi dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan kompetensi
pedagogik guru adalah 0,766. Besar pengaruh yang diberikan adalah 58,2%.
Kesimpulan bahwa motivasi berprestasi dan supervisi kepala sekolah
berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Sub Rayon 04
Kabupaten Demak. Saran penelitian ini agar ditingkatkan kembali motivasi
berprestasi dan supervisi kepala sekolah sehingga secara bersama sama dapat
mendorong peningkatan kompetensi pedagogoik guru di SMP Negeri Sub Rayon
04 Kabupaten Demak.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Berprestasi, Supervisi
Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:24 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3361 |