DAMI, DAMI (2022) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VI SD N 1 TROSOBO KAB. BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DAMI 20126032.pdf
Download (3MB)
Abstract
DAMI. NPM 20126032. “Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung
Bilangan Bulat Melalui Model Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VI SD N 1
Trosobo Kab. Boyolali”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VI
SD Negeri 1 Trosobo Boyolali yang belum dapat melakukan operasi hitung
bilangan bulat dengan baik dan benar. Permasalahan dalam penelitan ini adalah
apakah penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan
pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa. Penelitian Tindakan
kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung
bilangan bulat dengan menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Manfaat
penelitian ini untuk memotivasi guru dalam menentukan model pembelajaran
yang tepat, serta memanfaatkan teman sebagai tutor atau guru sehingga siswa
merasa bisa lebih nyaman dalam belajar karena yang menjadi guru adalah
temannya sendiri. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI SD Negeri 1 Trosobo Kab.
Boyolali selama 2 siklus. Data dikumpulkan melalui pengamatan, angket, kajian
dokumen, dan tes serta dianalisis dengan teknik diskriptif komparatif.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat penulis simpulkan
bahwa penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan
Pemahaman Konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa Kelas VI SD
Negeri 1 Trosobo Kab. Boyolali. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang
selalu meningkat dari kondisi awal hingga akhir siklus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3357 |