ANALISIS LANGKAH-LANGKAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SD NEGERI WINONG 01 PATI

FITRIANI, LESTARI NUR (2022) ANALISIS LANGKAH-LANGKAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SD NEGERI WINONG 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lestari Nur F 18120217 .pdf] Text
Lestari Nur F 18120217 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

LESTARI NUR FITRIANI. NPM 18120217. “Analisis Langkah-Langkah Polya
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SD Negeri Winong 01 Pati”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang dapat mendorong penelitian ini adalah terdapat
beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
matematika, serta adanya beberapa siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Hal
ini dikarenakan tingkat berpikir siswa berbeda sehingga terdapat beberapa siswa
yang belum menguasai menguasai pengetahuan dasar matematika.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah�langkah polya dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SD Negeri Winong
01 Pati pada kelas V dengan materi volume bangun ruang. Berdasarkan fokus
permasalahan yang dijabarkan tersebut maka tujuan penelitian yang ini adalah
untuk menganalisis langkah-langkah polya dalam menyelesaikan soal cerita
matematika di SD Negeri Winong 01 Pati pada kelas V dengan materi volume
bangun ruang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi yang berarti metode
penelitian yang mengandalkan proses penafsiran mengenai kejadian nyata yang
terjadi di lapangan. Dengan wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan sampel yang diambil dari penelitian
ini adalah 1 siswa yang dipilih.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah
polya dalam menyelesaikan soal cerita materi volume bangun ruang dapat
dilakukan siswa kelas V SD Negeri Winong 01 Pati dengan baik. Hal ini dapat
diketahui berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan hasil tes tertulis yang
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan mampu
menerapkan langkah memahami masalah dalam soal dengan presentase sebanyak
92.42% dengan kategori sangat baik, untuk langkah menyusun rencana siswa kelas
V mendapat presentase sebanyak 75.97% dengan kategori baik, pada langkah
melaksanakan rencana memiliki presentase sebanyak 64.52% dengan kategori
cukup baik, dan langkah memeriksa memiliki presentase sebanyak 58.71% dengan
kategori cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah siswa harus
lebih teliti dalam mengerjakan soal cerita matematika dengan sering berlatih
mengerjakan soal cerita matematika dapat menggunakan langkah-langkah polya
untuk membantu mengasah kemampuan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:17
Last Modified: 22 Mar 2024 02:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item
View Item