PUTRI, SYAFA ANUGRAH (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 5 TEMA 8 SD NEGERI GISIKDRONO 02 KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SYAFA ANUGRAH PUTRI 18120273.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
SYAFA ANUGRAH PUTRI. NPM 18120273. “Penerapan Model
Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Kabobar untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 Tema 8 SD Negeri Gisikdrono 02
Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Henry
Januar S, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Mudzanatun, S.Pd., M.Pd, Agustus, 2022.
Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa
kelas 5 SD Negeri Gisikdrono 02 Kota Semarang pada Tema 8. Hal ini
disebabkan guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang
bervariasi dalam pembelajaran.
Rumusan
masalah
dalam
penelitian
ini
adalah
“Apakah
Model
Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Kabobar dapat
Meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada Tema 8 Kelas 5 SD Negeri Gisikdrono
02 Kota Semarang?”
Model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu Media Kabobar
digunakan dalam pembelajaran Tema 8 SD Negeri Gisikdrono 02 Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 28
siswa kelas 5. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil
belajar siswa dalam pembelajaran. Instrumen pengumpulan data berupa lembar
wawancara guru, soal tes evaluasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari
hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Numbered Heads Together berbantu media Kabobar dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa melalui penelitian yang peneliti lakukan di SD N Gisikdrono 02
Semarang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji ketuntasan belajar pretest kelas
5 SD N Gisikdrono 02 Semarang diperoleh 25% siswa yang tuntas dan 75% siswa
yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 64,28. Hasil perhitungan ketuntasan
belajar posttest kelas 5 SD N Gisikdrono 02 Semarang diperoleh 89,3% siswa
yang sudah tuntas dan 10,7% siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata
81,14. Rata-rata nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 16,86.
Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebelum dan sesudah diberi
perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu Media Kabobar dapat
digunakan sebagai alternatif guru dalam proses pembelajaran pada materi atau
tema yang lain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:14 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3347 |