ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SDN 03 JAMBU JEPARA

ANGGRAINI, LELA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SDN 03 JAMBU JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LELA ANGGRAINI 17120368.pdf] Text
LELA ANGGRAINI 17120368.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LELA ANGGRAINI. NPM 17120368, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis
pada Pembelajaran Daring Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas IV
SDN 03 Jambu Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Dosen
Pembimbing 1 Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Ervina
Eka Subekti, S.Si., M.Pd.
Konteks penelitian ini yakni kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran daring. Pembelajaran daring berbeda dengan pembelaran tatap
muka, yang mana siswa bisa berinteraksi secara langsung dengan guru dan
temannya serta dapat menemukan hal yang kreatif serta pemikiran yang kritis.
Pada saat ini kegiatan belajar daring bisa mengakibatkan rendahnya kemampuan
berpikir kritis siswa. Hal ini mengakibatkan siswa kurang terlatih dan tidak
mengembangkan keterampilan yang dimiliki karena pembelajaran daring.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran daring menggunakan pendekatan saintifik kelas IV SDN 03
Jambu Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa
kelas IV di SDN 03 Jambu Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan
saintifik pada pembelajaran daring menggunakan lima langkah yang ada di
pendekatan saintifik yaitu kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan
mengkomunikasikan siswa kelas IV SDN 03 Jambu Jepara dapat berpikir kritis
dengan baik. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah guru menggunakan
pendekatan saintifik dengan level kesulitan yang berbeda agar pola pikir siswa
bisa lebih maksimal dalam berpikir kritis dan menyimpulkan hasil analisisnya.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Daring, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:12
Last Modified: 22 Mar 2024 02:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item
View Item