Munjrokah, Siti (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SD NEGERI BOGOTANJUNG 02 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI MUNJAROKAH 16120104.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
SITI MUNJAROKAH. NPM 16120104. ”Keefektifan Penggunaan Model
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Materi FPB Dan KPK Siswa
Kelas IV SDN Bogotanjung 02 Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing I : Purwadi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing
II : Mei Fita Asri Utari, S.Pd., M.Pd.
Rendahnya hasil belajar kognitif siswa, di SD Negeri Bogotanjung 02
dalam proses pembelajaran belum menggunakan model yang bervariasi,
mendorong penelitian ini untuk dijadikan latar belakang permasalahan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar materi FPB
dan KPK siswa kelas IV di SD Negeri Bogotanjung 02 Pati? Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Problem
Based Learning terhadap hasil belajar materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD
Negeri Bogotanjung 02 Pati dan bagaimana hasil belajar siswa setelah
menggunakan model PBL ( problem based learning ).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre
Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bogotanjung 02.sampel yang
diambil adalah 26 siswa kelas IV dengan teknik Probability Sampling berbentuk
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi,
dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil pretest belajar siswa
sebesar 66,58 (44,29%) sedangkan rata-rata hasil posttest belajar siswa sebesar
83,73 (55,71%) dan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Paired Sampel
T-Test, diperoleh nilai thitung sebesar -7,853 dengan nilai ttabel (α=5%,df=25)
sebesar 2,059.
Hipotesis dapat diterima karena |thitung| >ttabel yaitu, |-7,853 | > 2,059.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat
mencapai ketuntasan belajar. Hal ini berarti model Problem Based Learning
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:03 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3331 |