QOTIMAH, CHUSNUL (2022) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PLANTUNGAN KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
CHUSNUL QOTIMAH 18210007.pdf
Download (6MB)
Abstract
Chusnul Qotimah.
“Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan
Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Kelas VIII SMP Negeri 2 Plantungan Kabupaten Kendal”.
Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya motivasi belajar siswa yang rendah
karena dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan model pembelajaran
konvensional, dan model pembelajaran TGT belum digunakan. Berdasarkan hasil
penelitian terdahulu diyakini bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dapat atau tidaknya penerapan model pembelajaran Teams Games
Tournament meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jenis
penelitian
ini
adalah
penelitian
eksperimen
semu
(quasi
eksperimental research), yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plantungan, dengan sampelny adalah siswa kelas
VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 siswa, dan siswa kelas VIII B
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data untuk
variabel motivasi belajar siswa adalah angket motivasi belajar, sedangkan untuk
pembelajaran Teams Games Tournament adalah lembar observasi. Analisis data
dengan deksriptif kuantitatif, deksirptif untuk mengambarkan kondisi penerapan
model pembelajaran Teams Games Tournament, sedangkan kuantitatif untuk
menghitung data hasil angket motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil olah data angket motivasi
belajar siswa menunjukkan skor minimum kelas kontrol 52 dan kelas eksperimen
78, skor maksimum kelas kontrol 69 dan kelas eksperimen 98. Sedangkan skor
rata-rata kelas kontrol adalah 59,29 dan kelas eksperimen 87,05. Dari 6 langkah
penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament, semuanya sudah
terlaksanakan dengan baik, kekurangan dari pembelajaran Teams Games
Tournament yang dilakukan oleh guru adalah kekurangan waktu, sehingga
pelaksanannya menjadi kurang maksimal.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kedua kelas mengalami
peningkatan. Untuk kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional
mengalami peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 7,86 %, sedangkan kelas
eksperimen dengan model pembelajaran teams games tournament mengalami
peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 27,70 %. Dari kedua kelas tersebut
dapat dilihat bahwa model pembelajaran teams games tournament dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Saran meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan cara, guru bisa
membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan menarik, agar emosi siswa
menimbulkan perfoma yang baik ketika mempelajari suatu hal.
Kata kunci : Teams Games Tournament, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:00 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3330 |