PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT PANCA INDERA MANUSIA BERBASIS ANDROID

HAKIM, HAKIM (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT PANCA INDERA MANUSIA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD LUQMAN HAKIM  17120144.pdf] Text
MUHAMMAD LUQMAN HAKIM 17120144.pdf

Download (9MB)

Abstract

MUHAMMAD LUQMAN HAKIM NPM 1712014. “Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Alat Panca Indera Manusia Berbasis Android”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Sistem pembelajaran
yang berubah karena adanya pandemi COVID-19 menuntut pendidik untuk lebih
kreatif dan inovatif dalam menggunakan media pembelajaran demi mendukung
pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang semula tatap muka, kini pendidik
harus memfasilitasi anak didik sesuai dengan sistem yang baru yakni sistem
Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) atau dalam jaringan(daring).
Proses pembelajaran IPA materi alat panca indera manusia, guru
memberikan materi dan permasalahan terkait dengan materi Alat Panca Indera
Manusia, kemudian siswa ditugaskan untuk menjawab soal-soal yang diberikan
kepada siswa, akan tetapi suasana kelas menjadi kurang kondusif karena
pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka dan kurangnya pemanfaatan media
sebagai sumber belajar dan antusias siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan, menguji kevalidan, menguji kepraktisan dan kedayagunaan Media
Pembelajaran Interaktif Alat Panca Indera Manusia Berbasis Android.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development). Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas 4 SD Negeri 1
Tanjungsari dan 11 siswa kelas 4 SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang
Kabupaten Rembang. Data penelitian yang dikumpulkan adalah data ahli materi,
ahli media dan respon siswa. Instrument pengumpulan data berupa kuisioner dan
pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil pengembangan berupa aplikasi media pemblajaran android.
Pengolahan data diambil validasi ahli materi dan validari ahli media pembelajaran,
praktisi dan respon siswa. Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran adalah 74%,
penelitian validasi ahli materi sebesar 82%, hasil penelitian dari praktisi sebesar
97% dan 97% serta respon siswa secara keseluruhan adalah 100%, selain itu Media
Pembelajaran Interaktif Alat Panca Indera Manusia Berbasis Android dapat di
terima dan layak untuk digunakan, karena membuat pelajaran menjadi lebih
menyenangkan.
Saran yang ingin saya sampaikan adalah guru dapat menggunakan media
pembelajaran berbasis android pada materi alat panca indera manusia kelas 4
Sekolah Dasar sebagai variasi dan salah satu alternatif supaya siswa lebih
memperhatikan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:59
Last Modified: 22 Mar 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item
View Item