Kurniasari, Rahmawati (2022) PENGARUH KEMASAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT PADA UMKM FOODSTALLS SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KURNIA 17220065 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kurniasari Rahmawati “Pengaruh Kemasan Produk, Kualitas Pelayanan,
dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Donat Pada UMKM
Foodstalls Semarang”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di UMKM Foodstalls
Semarang yang menyatakan bahwa UMKM Foodstalls Semarang memiliki
kemasan yang kurang sesuai, pelayanan yang kurang memuaskan, dan produk
yang belum bervariasi dan mengakibatkan penjualan donat pada UMKM
Foodstalls Semarang menurun secara fluktuatif dan belum sesuai target yang
ditentukan oleh pemilik.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemasan produk,
kualitas pelayanan, dan variasi produk secara parsial maupun simultan terhadap
keputusan pembelian konsumen yang melakukan pembelian donat pada UMKM
Foodstalls Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deduktif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
menggunakan metode angket atau kuesioner. Populasi penelitian ini adalah
konsumen UMKM Foodstalls Semarang, sedangkan sampel pada penelitian ini
sebanyak 100 responden. Kemudian diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan kemasan produk terhadap keputusan pembelian donat pada UMKM
Foodstalls Semarang, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian donat pada UMKM Foodstalls
Semarang, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variasi produk terhadap
keputusan pembelian donat pada UMKM Foodstalls Semarang, (4) terdapat
pengaruh positif dan signifikan kemasan produk, kualitas pelayanan, dan variasi
produk secara Bersama-sama terhadap keputusan pembelian donat pada UMKM
Foodstalls Semarang. Simpulan dalam penelitian ini bahwa kemasan produk,
kualitas pelayanan, dan variasi produk berpengaruh sebesar 70,1 % terhadap
keputusan pembelian donat pada UMKM Foodstalls Semarang. Sedangkan
sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kemasan Produk, Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan
Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:54 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3320 |