WULANSARI, CHENDY AGUSTINA (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 MRANGGEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
CHENDY AGUSTINA WULANSARI 17110006.pdf
Download (4MB)
Abstract
Chendy Agustina Wulansari. NPM 17110006. Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chip Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Mranggen. Program Studi
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dr. Heri Saptadi, S.Pd.,M.Pd.,Kons. Agus Setiawan. S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahanya motivasi belajar siswa
kelas VIII SMP N 1 Mranggen yang disebabkan banyak siswa yang malas dalam
belajar, sulit dalam memulai belajar dan sering menyalin tugas teman. Siswa yang
tidak bisa menyelesaikan masalahnya tersebut cenderung kurang aktif didalam
kelas, nilai tidak memuaskan, lebih menghandalkan teman dikelas.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat
motivasi siswa belajar siswa sekolah diberikan treatment bimbingan kelompok
dengan teknik talking chip? Seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik talking chip terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan penelitian ini
diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi motivasi belajar
Data dianalisis secara deskriptif dengan cara melihat hasil sesudah
dilakukan bimbingan kelompok. Tujuan layanan bimbingan kelompok untuk
mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang
menunjang perwujudan tingkah laku yang lebih efektif, yaitu peningkatan
kemampuan berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal para siswa, selain itu
serta maningkatkan belajar dalam kelompok untuk tujuan yang bermakna dan
merespon para peserta didik agar mampu berpendapat dan bagi para partisipan.
Hasil perhitungan rata-rata skor meningkatkan kemampuan motivasi belajar
Sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan metode talking chip 40,
dan setelah mengikutin bimbingan kelompok dengan metode talking chip
menurun menjadi 20. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dengan metode talking chip dapat mengatasi meningkatkan
kemampuan motivasi belajar siswa peserta didik kelas VIII SMP N 1 Mranggem
Tahun Ajaran 2021/2022.
KATA KUNCI : Bimbingan Kelompok, Teknik Talking Chip, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:53 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3319 |