Silvana, Felda Yuliantika (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BLENDED PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA SEMARANG PADA ERA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Felda Yuliantika Silvana “Pelaksanaan Pembelajaran Blended Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang Pada Era Pandemi Covid-19”.
Perumusan masalahnya adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran blended?,
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran blended?, Bagaimana Penilaian atau evaluasi
dalam pembelajaran blended? Apakah kelemahan dan kelebihan pembelajaran
blended?. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif,
dengan berfokus pada pembelajaran Blended, Setting Penelitian ini adalah Universitas
PGRI Semarang Pada Program subjek penelitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian
merupakan sumber data primer dengan melakukan pengambilan data berupa wawancara
langsung kepada sumber, dan mengumpulkan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan Didalam perencanaan pembelajaran blended,
dosen harus mempersiapkan pembelajaran blended seperti alarm pembelajaran,
teknologi dan internet, mahasiswa pun harus mempersiapakan kuota internet, terdapat
metode yang digunakan dalam pembelajaran blended berupa metode konvensional,
metode interaktif, kedua-dua nya di satukan, atau penggabungan antara metode online
dan juga offline, media yang digunakan dalam pembelajaran blended bisa berupa Google
Meet, Zoom, WA Group, Class room dan Video Conference, sarana dan prasarana dalam
pembelajaran blended , jika online harus memiliki wifi atau kuota sedangkan jika offline
universitas menyediakan hand sanitizer, didalam pelaksaan pembelajaran blended
seringkali terjadi kendala yaitu kendala jaringan atau sinyal yang sering terputus�putus.Didalam penilaian pembelajaran blended terdapat dua hal yaitu evaluasi
pelaksanaan UTS dan evaluasi pelaksanaan UAS dengan menggunakan blended,
Evaluasi pelaksanaan UTS dan UAS dalam pembelajaran blended berjalan dengan baik
sesuai dengan jadwalnya ,jadwal sudah disusun oleh prodi mahasiswa mengupload lewat
SIP atau SPADA atau evaluasi pembelajaran blended dilakukan secara daring.
Katakunci : Pembelajaran Blended , PPKn, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3307 |