UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI 44 SEMARANG

MULYATI, SRI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI 44 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SRI MULYATI 19156136.pdf] Text
SRI MULYATI 19156136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Sri Mulyati NPM 19156136. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata
Melalui Permainan Ular Tangga Kata pada Anak Kelompok A di TK PGRI 44
Semarang Tahun 2021/2022”.
Latar belakang penelitian ini masih ditemukan rendahnya kemampuan
anak dalam mengenal kata. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga kata
pada kelompok A di TK PGRI 44 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya
ada tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian yaitu anak kelompok A yang
berjumlah 22 orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan ular
tangga kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata. Pada saat dilakukan
observasi observasi pratindakan, persentase kemampuan mengenal kata anak
sebesar 40%. Pada Siklus I sebesar 80% dengan peningkatan 15%, dan pada
Siklus II sebesar 95% dengan peningkatan 38,89%. Peningkatan kemampuan
mengenal kata ini meliputi anak sudah mampu menunjuk kata sesuai
gambar/perintah, menyebut kata dengan membaca tulisan/yang tertulis dan
menyebutkan simbol-simbol dalam kata. Perolehan persentase tersebut
menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kata anak kelompok A dengan
kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 95%. Langkah-
langkah permainan ular tangga sehingga dapat meningkatkan kemampuan
mengenal kata dan anak sudah bisa mengenal kata benda: baju, celana, dasi,
lap, kaos, rok, peci, sepatu, pisang, salak, jeruk, gelas, pepaya, apel yaitu 1)
guru menyiapkan media permainan ular tangga dari bahan kertas asturo, dadu
dari kardus bekas yang dibentuk kubus, pion, 2) guru menjelaskan dan memberi
contoh permainan ular tangga, dengan melempar dadu, menjalankan pion dan
menyebutkan gambar, kata yang tertera pada papan tempat pion berhenti, 3) anak-
anak dikondisikan duduk melingkar di karpet lalu membagi dalam kelompok, 1
kelompok terdiri 5-6 anak, 4) guru memberikan penguatan dan motivasi berupa
nasehat pada anak, 5) setelah selesai bermain anak yang berkembang sesuai
harapan diberi penghargaan berupa gambar bintang.
Kata kunci : Kemampuan mengenal kata permainan ular tangga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:38
Last Modified: 22 Mar 2024 01:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item
View Item