HARSOYO, BUDI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA BERMAIN KERETA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK UMUR 4-5 TAHUN DI TK ANDINI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
BUDI HARSOYO 19156014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Budi Harsoyo (NPM. 19156014). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang
Angka 1-10 Melalui Media Bermain Kereta Pintar Pada Anak Kelompok Umur
4-5 tahun Di TK Andini Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
Kemampuan membilang anak, karena Anak masih terpola dengan pola
pembelajaran lama. Masalah dalam penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan
Kemampuan Membilang Angka 1-10 Melalui Media Bermain Kereta Pintar Pada
Anak Kelompok Umur 4-5 tahun Di TK Andini Kecamatan Mranggen
Kabupaten Demak.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan
membilang anak melalui media bermain kereta pintar
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 20 anak Kelompok umur 4-5 Tahun di TK Andini Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak ”. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua
siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan membilang anak pada siklus I
perkembangan kemampuan anak mencapai persentase 50 % dengan kategori
Berkembang Sangat Baik (BSB) dan siklus II perkembangan kemampuan
membilang anak meningkat mencapai 80% dengan kategori Berkembang Sangat
Baik, dengan demikian perkembangan kemampuan membilang anak mengalami
peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal.
Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan membilang anak dengan media
bermain kereta pintar kelompok umur 4-5 Tahun di TK Andini Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak terbukti.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan
membilang anak dapat meningkat melalui media bermain kereta pintar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan
anak untuk lebih cermat, tepat dan lebih cepat pada kegiatan pembelajaran yang
sudah diberikan oleh guru. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan
secara terprogram.Karena dengan media bermain kereta pintar, anak dapat
mengembangkan kemampuan membilang angka 1-10 dengan kegiatan bermain,
dimana anak praktek langsung cara membilang dengan media yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3290 |