UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG KARAKTER DI TK GOTONG ROYONG TAHUN PELAJARAN 2021-2022

AFIFA, YENNY NOOR (2022) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG KARAKTER DI TK GOTONG ROYONG TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YENNY NOOR AFIFA 19156111.pdf] Text
YENNY NOOR AFIFA 19156111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

YENNY NOOR AFIFA NPM 19156111. “Upaya Meningkatkan Ketrampilan
Berkomunikasi pada Anak melalui metode bercerita dengan media wayang
karakter pada anak Usia 4-5Tahun Di TK Gotong Royong”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan
berkomunikasi
anak
Hal
tersebut,
disebabkan
kurangnya
pengoptimalan dalam penggunaan media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Meningkatkan
Ketrampilan berkomunikasi anak. Tujuan
penelitian ini adalah untuk
meningkatkan ketrampilan berkomunikasi anak
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 12 anak Kelompok A di TK Gotong Royong tahun pelajaran
2021/2022. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh
hasil peningkatan Kemampuan Ketrampilan berkomunikasi anak pada siklus I
dengan hasil sebesar 33,3% dan siklus II ada peningkatan yang signifikan menjadi
83,8% indikator kerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi “metode bercerita
dengan menggunakan media wayang karakter dapat meningkatkan ketrampilan
berkomunikasi anak usia 4-5tahun di TK Gotong Royong”.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketrampilan
berkomunikasi anak dapat ditingkatkan melalui media wayang.karakter
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dan mengoptimalkan media
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:34
Last Modified: 22 Mar 2024 01:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item
View Item